Arti dan Moto SWH


Website Slider
Al Hikma 2
house-of-wisdom-01

Sophia adalah bahasa Yunani yang memiliki arti ‘kebijaksanaan.’ Pada zaman Yunani kuno, muncul beberapa kelompok orang yang kritis dan mulai memikirkan ulang mengenai alam, pengetahuan, maupun etika. Para pemikir ini kemudian disebut philosophos (filsuf), yang berasala dari kata philein (cinta) dan sophia (kebijaksanaan), sehingga secara literal berarti pecinta kebijaksanaan. Para filsuf ini merindukan pengenalan yang sejati akan kebenaran, keindahan, dan kebaikan yang universal. Sekalipun para filsuf dianggap aneh oleh masyarakat, merekalah justru yang mewariskan kemajuan kebudayaan manusia dalam berbagai aspek hidup. Pengejaran mereka akan yang transenden menjadikan buah pikir dan karya mereka abadi melampaui limitasi zaman dan tempat mereka berkarya. Cinta akan kebijaksanaan universal inilah yang rindu untuk dibudidayakan melalui komunitas pembelajar yang terbentuk di Sophia Wisdom House.

Frasa ‘Wisdom House’ sendiri terinspirasi dari komunitas serupa yang didirikan di Baghdad oleh Harun al-Rashid dari kekhalifahan Abbasiyah pada era keemasan budaya Islam. Perpustakaan dan komunitas tersebut disebut Bayt al-Hikma (بيت الحكمة), yang berarti rumah kebijaksanaan. Dari komunitas tersebut terlahir banyak pemikir dan ilmuwan penting yang berkontribusi dalam matematika, astronomi, fisika, biologi, maupun kedokteran. Kiranya dari komunitas Sophia Wisdom House ini juga berbuah orang-orang yang mewarisi semangat belajar dan kemanusiaan yang sama, dengan harapan dapat menjadi kontribusi bagi masyarakat Bandung, Indonesia, bahkan dunia.

Pengertian dan pengharapan tersebut menuntun kami kepada motto “Soul Cultivation through the Wisdom of the Ages”, yang berarti “Pembudidayaan Jiwa melalui Kebijaksanaan sepanjang Zaman.” Motto ini merangkum dengan singkat tujuan dan metode pendidikan klasik dari Sophia Wisdom House.


Share this post